Jumat, 21 September 2012

Okiku Boneka penuh misteri dari Jepang


Okiku Doll [Boneka yang rambutnya bisa tumbuh sendiri]

Post
Ada sebuah boneka tradisional Jepang bernama Okiku yang berada di kuil Mannenji di kota Iwamizawa (Perfektur Hokkaido).
Boneka ini terkenal karena rambut boneka ini selalu memanjang sendiri dan setiap tahunnya selalu dipotong dalam sebuah upacara khusus. Cerita boneka ini bermula dari tahun 1918, dimana seorang pemuda 17 tahun bernama Eikichi Suzuki membeli boneka ini pada saat dia mengunjungi Sapporo untuk pameran angkatan laut. Dia membeli boneka itu di Tanuki-koji — tempat belanja terkenal di Sapporo — sebagai oleh oleh untuk adiknya yang berumur 2 tahun bernama Okiku. (dari sinilah boneka itu mendapatkan namanya) Adiknya sangat menyukai boneka itu dan bermain dengannya setiap hari, tetapi pada tahun berikutnya, dia meninggal dunia karena kedinginan. Keluarganya kemudian menempatkan boneka tersebut di altar keluarga dan berdoa setiap hari kepadanya dalam kenangan akan Okiku.
Beberapa saat setelah itu, mereka mulai menyadari bahwa rambut boneka tersebut mulai memanjang. Ini dianggap sebagai tanda bahwa roh gadis kecil tersebut tidak tenang dan telah menetap di dalam boneka tersebut. Pada tahun 1938, keluarga Suzuki pindah ke Sakhalin, dan mereka kemudian menitipkan boneka tersebut di kuil Mannenji dan sejak saat itu boneka tersebut terus berada di sana.
Menurut orang kuil, boneka tradisional Jepang umumnya selalu berambut pendek dan bahwa rambut boneka Okiku memang selalu memanjang sendiri walaupun setiap tahun selalu dipotong.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar